VISI & MISI

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

Program studi Magister (S-2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) PPs UNY didirikan   berdasarkan   Surat   Keputusan   Menteri   Pendidikan   dan   Kebudayaan   Nomor 360/E/O/2014 tanggal 27 Agustus 2014. Pendirian program studi ini ditujukan dalam rangka peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan, khususnya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah, pengawas, dan calon dosen Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Tujuan pendirian Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs UNY sebagai berikut.

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian akademik dan profesional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  2. Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  3. Menghasilkan program- program kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  4. Menghasilkan kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri terkait dengan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

  1. Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  1. Visi :

Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul, kreatif, dan inovatif dalam tridharma perguruan tinggi di kawasan Asia Tenggara berlandasakan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

 

  1. Misi :
  1. Mengembangkan dan memantapkan suasana akademik Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia secara efektif dan efisien.
  2. Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menggalang kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri yang relevan untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

  1. Tujuan:
  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian akademik dan profesional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan pendidikan dan pengajaran, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menghasilkan program-program kegiatan pengabdian kepada masya­rakat di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Menghasilkan kerja sama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri terkait dengan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

Menguasai kebijakan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, teori-teoripendidikan dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta filsafat ilmu dan melalui internalisasi etika akademik mampu mengembangkan teori pendidikan bahasa dan sastra

Menguasai metodologi penelitian dengan pendekatan multi- atau interdisiplin, teori-teori pendidikan serta pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan melalui internalisasi etika akademik mampu melaksanakan penelitian dengan menerapkan pendekatan inter- atau multidisipliner bidangpendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Menguasai metodologi penelitian dengan pendekatan multi- atau interdisiplin serta teori-teori pendidikan dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan melalui internalisasi etika akademik mampu menggunakannya secara bertanggung jawab untuk kepentingan publikasi karya ilmiah bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia pada jurnal nasional terakreditasi atau internasional

Menguasai teori-teori pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan melalui internalisasi etika akademik, nilai religiusitas, norma hukum, semangat nasionalisme, prinsip kerja sama, dan semangat kepedulian mampu mengembangkan wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan

 

PROFIL LULUSAN

No

Profil Lulusan (PL)

Deskripsi Profil Lulusan

PL-1

Pendidik madya bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Mampu memecahkan permasalahan dan/atau mengembangkan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia hingga dihasilkan karya inovatif dan teruji melalui internalisasi prinsip tanggung jawab dan nilai-niai karakter yang relevan

PL-2

Peneliti madya bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Mampu mengelola penelitian inter- atau multidisipliner bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mendapatkan pengakuan internasional dengan berbasis etika akademik dan nilai-nilai karakter yang relevan

PL-3

Wirausahawan bidang bahasa, sastra, dan pendidikan

Mampu mengembangkan wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan dengan mengedepankan prinsip kerja sama dan nilai-nilai karakter yang relevan