Diskusi Asyik di Stan Pameran Pendidikan Prodi PBSI PPs UNY

Pascasarjana UNY telah menyelenggarakan kegiatan Open House. Acara ini sebagai rangkaian Dies Natalis UNY ke-54. Open House bertujuan mengenalkan program studi kepada masyarakat luas yang berminat melanjutkan studi master maupun doktor di PPs UNY. Selain itu, Open House  merupakan salah satu sharing session terkait perkembangan dunia pendidikan saat ini. Rangkaian kegiatan Open House adalah Seminar Pendidikan dengan tema “Isu dan Tantangan Pendidikan Era Industri 4.0” dan kegiatan yang tidak kalah menarik, yaitu pameran pendidikan.

Pameran pendidikan merupakan ajang pengenalan prodi di PPs UNY untuk khalayak umum. Jika seminar diadakan pada tanggal 16 Mei 2018 saja, maka pameran pendidikan tiap prodi ini berlangsung tiga hari, yakni tanggal 16-18 Mei 2018. Pameran pendidikan mulai pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB. Salah satu peserta pameran adalah prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) PPs UNY. Stan pameran PBSI tidak kalah menarik dengan stan prodi lain. Terdapat banyak barang-barang yang dipamerkan, yaitu produk-produk pengembangan mahasiswa, buku-buku karya dosen, tesis, puisi, dan cendera mata. Tak hanya dimanjakan dengan barang-barang pameran saja, terdengar juga musikalisasi puisi yang mengalun merdu ketika pengunjung datang ke stan. Selain itu, pengunjung juga bisa bertanya terkait prodi PBSI atau membawa pulang leaflet seputar PBSI.

Stan pameran PBSI cukup banyak peminatnya. Meskipun stan ini terletak di lantai 5, hal ini tidak membuat pengunjung malas untuk datang. Stan juga dikunjungi mahasiswa-mahasiswa asing dari China yang ingin belajar bahasa Indonesia dan tertarik dengan PBSI. Dengan demikian, beberapa mahasiswa sharing terkait mata kuliah yang harus ditempuh dan tentang tesis. Selain itu, stan pameran PBSI didatangi pengunjung dari salah satu TV swasta, untuk menggali informasi tentang bahasa gaul zaman sekarang. Ternyata bahasa dan sastra Indonesia menarik untuk didiskusikan. Semoga stan ini bisa bermanfaat. (Oktavia)