KULIAH KERJA LAPANGAN PB PPs UNJ SEKALIGUS AJANG DISKUSI DENGAN MAHASISWA PBSI PPs UNY

Sejumlah 25 mahasiswa dan 2 dosen dari romobongan Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta mendapatkan sambutan hangat dari prodi PBSI PPs UNY. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Oktober 2018 lalu. Acara dibuka terlebih dahulu dengan sambutan Kaprodi PBSI PPs UNY, Dr. Kastam Syamsi, M.Ed. dan Kaprodi PB PPs UNJ, Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd. Kemudian, sambutan dari Direktur PPs UNY, yakni Prof. Dr. Marsigit, M.A. Setelah perkenalan prodi masing-masing, acara dilanjutkan dengan pembacaan puisi dari salah satu mahasiswa PB PPs UNJ dengan judul “Sajak Palsu” karya Agus R. Sarjono.

 

Diskusi interaktif dilakukan oleh mahasiswa PB PPs UNJ dengan mahasiwa PBSI PPs UNY. Tema diskusi kali ini adalah “Pembelajaran Bahasa di Era Revolusi Industri 4.0”. Diskusi semakin menarik karena permasalahan pembelajaran bahasa ini dilihat dari berbagai kacamata mahasiswa, yang mempunyai keberagaman pekerjaan di bidang bahasa, konsentrasi, dan pengalaman masing-masing. Di sinilah momen saling bertukar pikiran untuk mengkritisi pembelajaran bahasa di era disrupsi. Setelah diskusi selesai, mahasiswa PB PPs UNJ diajak untuk mengunjungi digital library UNY.

 

Kebersamaan antarmahasiswa PB PPs UNJ dengan PBSI PPs UNY tidak cukup berhenti begitu saja. Setelah kunjungan tersebut selesai, para mahasiswa bertemu dalam agenda yang sama yaitu, International Conference on Interdisciplinary Language, Literature, and Education (ICILLE). Acara ini diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, UNY. Konferensi internasional ini dilaksanakan pada tanggal 10-11 Oktober 2018. Selama tiga hari berturut-turut kebersamaan antara prodi PBSI PPs UNY dengan PB PPs UNJ menjadi pengalaman luar biasa untuk menggali ilmu bahasa dan saling bertukar informasi (Oktavia).